Tukad Yeh Ning, Sungai Jernih di Rendang Karangasem

1 min read

tukad yeh ning karangasem

Baru di Bali – Selain ada Gunung Agung, Karangasem juga menawarkan wisata alam yang masih tergolong hits untuk wisatawan lokal. Banyak yang tidak tahu namanya, sehingga mencari sungai rendang karangasem atau Pemandian di rendang karangasem di mesin pencari google. Namanya adalah Tukad Yeh Ning. Kata Tukad juga berarti Sungai dalam bahasa bali. Tukad Yeh Ning ini sebenarnya bukan sungai yang tidak berfungsi, melainkan saluran irigasi yang mengairi sawah-sawah sekitar yang bersumber dari Tukad Arca.

Tukad Yeh Ning
Tukad Yeh Ning, Rendang Karangasem

Tukad Yeh Ning atau dikenal juga Pemandian Dauh Dalem oleh warga sekitar, berlokasi di desa Rendang, tepatnya di belakang SMAN 1 Rendang. Air yang dingin, jernih dan berwarna kristal biru menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan hingga pengguna Instagram maupun tiktok. Pemandian dengan lebar sekitar 10 meter, Panjang 10 meter dan kedalaman sekitar 1,5 meter sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman untuk melepaskan rasa penat di perkotaan. Tidak heran tempat ini selalu ramai saat weekend.

tukad yeh ning karangasem
tukad yeh ning karangasem

Akses jalannya sangat mudah ditemui, kamu hanya perlu mencari SMAN 1 Rendang atau Tukad Yeh Ning Rendang di google maps. Tiket masuknya sendiri hanya 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil. Sangat disarankan untuk datang pada cuaca cerah, karena suhu air yang bisa dikatakan dingin. Kamu juga sebaiknya membawa bekal, karena tidak ada penjual makanan yang bisa ditemukan didekat sungai. Satu-satunya pedagang yang bisa kamu temukan adalah pedagang lumpia di parkiran yang biasanya berjualan hingga sore.

Dari parkiran, kamu perlu menuruni beberapa anak tangga hingga ke sungai. Perlu diperhatikan, tangganya sedikit curam dan licin, jadi harus extra hati-hati ya. Untuk tempat ganti baju, kamu bisa pergi kebagian utara parkiran. Disana terdapat 2 kamar mandi untuk ganti baju. Tidak ada biaya yang perlu dibayarkan untuk menggunakan kamar mandi ini.

(Baca juga: Savana Tianyar, Spot Foto Ala Padang Rumput Afrika di Bali)

Sedikit orang yang belum tahu sebenarnya ada 2 spot yang bisa digunakan untuk sekedar berendam atau berenang. Jika berjalan sedikit ke arah utara dari spot pertama, kamu akan menemukan lagi spot lainnya. Bedanya tempat ini sedikit lebih kecil dan sepi. Tidak jarang juga kamu akan menemukan warga lokal yang mencuci atau mandi di pagi atau di sore hari sambil bercengkrama dengan warga lainnya.

Jadi tunggu apalagi? Yuk berkunjung ke Tukad Yeh Ning Rendang untuk menghilangkan rasa penat bersama keluarga atau sahabat-sahabat tercinta!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *